January 27, 2021 By gzero.info 0

7 Policy Brief FISIP UI Buat Satgas Penindakan Covid- 19

Saran tersebut terbuat atas dasar keprihatinan UI terhadap masalah- masalah sosial yang jadi tantangan dalam penindakan pandemi Covid- 19 di Indonesia.

Tuuh saran tersebut diserahkan Dekan FISIP UI Dokter. Arie Setiabudi Soesilo kepada Pimpinan Satuan Tugas Percepatan Penindakan Covid- 19, Letjen Tentara Nasional Indonesia(TNI) Doni Monardo dalam kegiatan FISIP UI Policy Brief Launch secara virtual, Selasa( 22/ 12).

“ 7 saran yang FISIP UI bagikan hendak sangat berguna untuk Satgas Covid- 19 serta pemerintah,” kata Doni Monardo policy brief indonesia .

Semenjak dini permasalahan pandemi, kata Doni, Satgas telah merancang sesuatu program kalau pandemi ini tidak dapat dituntaskan oleh bidang kesehatan semata. Oleh karenanya, dengan upaya FISIP UI tersebut diharapkan bisa jadi pelopor dalam merancang ataupun membetulkan penindakan kasus sosial akibat akibat pandemi di Indonesia.

” Tidak hanya itu, aku pula melihat permasalahan pandemi wajib dituntaskan dengan kearifan lokal. Kita telah amati bersama, banyak pemerintah wilayah yang sukses mengatur melalui pendekatan antropologi serta sosiologi,” ucap Doni.

Dalam peluang yang sama, Dekan FISIP Arie Soesilo berkata kalau aspek sosial serta budaya ikut terdampak akibat pandemi Covid- 19 yang tidak kunjung berakhir.

Pada dasarnya, kata ia, fenomena Covid- 19 mempunyai sisi positif, ialah terbangunnya solidaritas sosial yang kokoh di golongan warga. Tetapi di sisi lain, banyak pula yang terdampak serta terpuruk.

” Buat itu, pandemi semacam ini tidak cuma memerlukan pemecahan dari bidang kesehatan serta ekonomi semata, tetapi pula respons dengan pendekatan sosial budaya,” tegasnya.

Berikut 7 saran kebijakan dari FISIP UI kepada Satgas Covid- 19:

1. Bidang Ilmu Komunikasi:“ Strategi Komunikasi Publik Pemerintah di Masa Pandemi Covid�” 19, Dari Komunikasi Krisis Jadi Komunikasi Resiko Buat Membangun Engagement Publik”

2. Bidang Sosiologi:“ Pembatasan Sosial Berbasis Komunitas( PSBK), Membangun Ketangguhan Sosial Mengalami Pandemi Covid- 19 di masa New Wajar’

3. Bidang Ilmu Politik:“ Reaksi terhadap Pandemi Covid- 19, Alternatif Kebijakan Pemerintah”

4. Bidang Ilmu Kesejahteraan Sosial:“ Penindakan Pandemi Covid- 19 dengan Pendekatan Intervensi Sosial pada Bermacam Tingkatan( Multilevel Social Intervention)”

5. Bidang Ilmu Ikatan Internasional:“ Pandemi Covid- 19 serta Tantangan Diplomasi Multilateral Indonesia”

Baca Juga : Pemeriksa Tautan Balik

6. Bidang Kriminologi:“ Penangkalan Cyber Crime pada Masa Pandemi Covid- 19 lewat Pendekatan Multi�” Agent Partnership serta Virtual Community Policing”

7. Bidang Antropologi:“ Pendekatan Sosial Budaya Berbasis Komunitas, Kerja sama Pengetahuan, serta Keterlibatan Kritis dalam Upaya Penanggulangan Pandemi Covid- 19”.